7 Dewa Keberuntungan Jepang






1. EBISU
Dewa asli asal jepang anak dari Daikoku, Ebisu adalah dewa ketulusan, kekayaan, keberuntungan dan praktek bisnis yang bersih dan adil, ciri-cirinya yaitu Bertubuh tambun / gendut, senyum di wajahnya,berjenggot kelihatan mirip sekali dengan Daikoku, pakaiannya selalu formal, membawa alat pancing dan menenteng sebuah ikan, Ebisu adalah dewa para pengusaha, pedagang, nelayan, petani, manager, orang asing, pelaut, Ebisu melambangkan dewa keberuntungan dan kekayaan laut


2. DAIKOKUTEN
Dewa yang sebenarnya adaptasi dari india dan aslinya adalah dewa kematian, terkadang terkenal sebagai dewa perang, ia bertubuh pendek dengan senyum di wajahnya, sedikit jenggot dan berkaki kecil, di kenal sebagai dewa kekayaan dan kemakmuran.
Ia berpakaian seperti orang cina yang kaya dengan topi, membawa palu emas dan sekantung penuh barang-barang berharga, dewa pelindung bagi para seniman, pengrajin, petani, peternak, bankir, keuangan, acounting dan ia juga dikenal sebagai pemburu hantu, Daikokuten atau juga bisa di sebut Dakoku akan selalu memberinya perlindungan bagi orang yang memujanya dengan penuh keyakinan.
sp300355daikokutengod.gif (550×750)

3. BENZAITEN
Dewi ini sebetulnya berasal dari india, yang bernama sarasvati. Di jepang dikenal sebagai dewi musik,seni rupa, diplomasi dan kepeintaran, dewi Benzaiten adalah satu-satunya dewi perempuan di legenda tujuh dewa di jepang, ia di kenal sebagai dewi pencemburu dan ia membawa alat musik bernama Biwa serta di tubuhnya selalu di lingkari ular berwarna putih, Benzaiten adalah dewi pelindung bagi para artis, penulis, penari, pelukis, pemahat dan penjudi, ia melambangkan air dan melindungi juga para pelajar, musik, seni dan ilmu pengetahuan.
tumblr_lrx7su3WnO1r2bl1yo1_1280.png (645×900)


4. HOTEI
Dewa dari kelahiran bodhisatva maitreya, ia adalah biksu zen yang berkunjung ke china, seorang yang pernah hidup di masa lalu yang penampilannya seperti pengemis serta di juluki Budha ketawa, seorang laki-laki berkepala botak dengan perutnya yang buncit, tersenyum, memiliki jambang dan dahi yang kecil, ia dikatakan sebagai pembawa kebahagiaan, kepuasan dan keluhuran budi, ia membawa tas besar yang berisi segala perlengkapan sehari-hari dan perut buncit telanjangnya konon pembawa keberuntungan, ia adalah dewa pelindung bagi para anak-anak, penagih hutang dan para nelayan.
Add caption


5. Fukurokuju
berasal dari cerita China tentang sebuah cerita mistik kuno (periode Sung) yang terkenal dengan berbagai macam keajaibannya dan dikatakan perwujudan dari kekuatan-kekuatan Bintang Utara. Fuku berarti Kebahagiaan, Roku berarti Kekayaan dan Ju berarti Panjang Umur. Ia adalah Dewa Kebijaksanaan, Kebahagiaan, Kekayaan dan Panjang Umur. Fukurokuj setiggi 3 kaki, mempunyai sebuah kepala yang besar separuh dari tingginya, mata besar dan putih, berjenggot panjang putih. Pakaiannya kelihatan rusuh sama seperti para sarjana china kuno dan suka bermain catur. Kadang-kadang terdapat seekor burung bangau atau kura-kura didekatnya. Ia sering disamakan dengan Jurojin dan dikatakan menghuni tubuh yang sama. Ia adalah Dewa para pemain catur, tukang arloji, dan para atlet.
4460490154_882a62bdb1_b.jpg (720×1024)

6. Jurojin
adalah seorang Dewa Tao (China), Dewa Kebijaksanaan dan membawa sebuah tongkat suci yang ujung diikat sebuah bungkusan, sebuah kantong suc yang ia bawa dipercayai berisi seluruh kebijaksanaan didunia. Ia mempunyai jenggot yang putih dan membawa sebuah tongkat suci dan sebuah bungkusan dan sering terlihat bersama seekor rusa. Jurojin sering disalah artikan dengan Fukurokujo sebab mereka dikatakan mengunakan badan yang sama dan terlihat ditemani oleh rusa. Tertawa dengan lucunya, dikenal sebagai Dewa Kebijaksanaan, Jurojin dikatakan adalah seorang peminum berat dan terkenal senang dengan wanita. Ia adalah dewa dari guru, ilmuwan, matematik, dan para professor.
latest (471×679)


7.BISHAMONTEN
asli berasal dari India, dimana ia dikenal sebagai Vaisravana, ia adalah seorang misionaris buddhis, sering disalah artikan sebagai dewa perang, mungkin disebabkan karena penampilan fisiknya dan diartikan secara harafiah. Ia berpakaian sebuah baju jirah dan helm, membawa pedang dalam hati kepercayaan dan sebagai pelindung untuk melawan segala hal yang berbahaya. Ia sangat tinggi, mempunyai jenggot, membawa sebuah pagoda disalah satu tangannya melambangkan hati kepercayaan dan pusaka; seekor pinguin adalah utusannya. Ia adalah dewa bagi para dokter, tentara, dan para bhiksu. Bishamon-ten, sering digambarkan dengan tampang yang seram untuk menyingkirkan para iblis penganggu. Ia dipuja sebagai Dewa Martabat dan petanda keberuntungan, kekayaan, kebahagiaan, kebenaran dan hati kepercayaan.

Komentar